Profil Penulis

Muhammad Makmun Rasyid, lahir di Medan, Sumatera Utara, 24 Oktober 1992. Ia merupakan anak kedua dari lima bersaudara yang hidup dalam kesederhanaan, bapaknya seorang PNS dan ibunya seorang ibu rumah tangga. Saat ini tinggal di Pantai Lemito, Kecamatan Lemito, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.


Namun tidak membuat dirinya berhenti untuk belajar ke luar daerah. Pada umur 9 tahun ia menghafal Al-Qur’an sampai selesai 30 Juz, inilah yang membuatnya termotivasi untuk belajar, di saat teman-temannya sedang asyik dengan dunia permainan, ia memutuskan untuk menghafal Al-Qur’an di salah satu pondok pesantren Jakarta. Ia menempuh studi Strata Satu (S1) di Sekolah Tinggi Kulliyatul Qur`an (STKQ) Al-Hikam Depok, Jawa Barat. Program Studi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir dengan judul Skripsi “Studi Kritis Ayat-Ayat Khilafah Menurut Hizbut Tahrir Indonesia (2015)”.


Pengembaraannya dan petualangannya tumbuh dari usia belia, sejak umur 9 tahun berpisah dengan kedua orang tua dan sanak keluarga untuk keliling Indonesia. Selalu hidup dalam lingkungan minoritas, tetapi ia optimis walau badai selalu menghantam dirinya.

Sejumlah bukunya yang sudah diterbitkan ialah Politisasi Agama (Kalimaya Publishing, 2015); Kemukjizatan Menghafal Al-Qur`an (Quanta Emk, 2015); HTI: Gagal Paham Khilafah (Pustaka Compass, 2016); Sebuah Rumah Tanpa Pintu (Al-Hikam Press, 2016); The Five Principles of Life (segera terbit); Rasulullah Way of Life dan buku 25 volume yang masih ditulisnya.

Adapun buku antologinya bersama komunitas Sahabat Pena Nusantara (SPN), meliputi: Quantum Ramadhan: Cerdas Meningkatkan Kualitas Diri di Bulan Suci (Genius Media, 2015), Quantum Cinta: Aneka Hidangan Menu Jiwa (Genius Media, 2015) dan Quantum Belajar: Membangun Gelora untuk Hidup Bahagia (Genius Media, 2016). Bersama Pena Al-Hikam ia menulis antologi Wajah-Wajah Manusia dalam Al-Qur’an (Al-Hikam Press, 2016) dan Quantum Akhlak: Dari Akhlak Kepada Tuhan Hingga Ciptaan-Nya (segera terbit) dan lain sebagainya.

Ia juga mengeditori buku Israliyyat: Benih Konflik di Tanah Para Rasul (CV. Pijar Meilfi Abadi, 2015), Moderasi Cegah Dini Radikalisme dan Terorisme Menuju Masyarakat ASEAN (Al-Hikam Press, 2016), Ulama Pesantren & Cendekiawan dalam Gerakan Dakwah Aswaja Bela Negara (Al-Hikam Press, 2016), Agar Al-Qur’an Mendatangkan Hidayah (Al-Hikam Press, 2016) dan Pengajar Muda di Kota Hujan (Al-Hikam Press, 2016). Menyunting buku KH. Cholil Nafis yang berjudul Menyingkap Tabir Puasa Ramadhan (Mitra Abadi Press, 2016), Wajah-Wajah Manusia dalam Al-Qur’an (Al-Hikam Press, 2016) dan Gerakan Dakwah Aswaja Bela Negara (Al-Hikam Press, 2016).

Saat ini aktif menjadi penulis lepas di pelbagai koran-koran cetak maupun media online. Penulis bisa dihubungi melalui email: [email protected]

 
Makmun Rasyid
Makmun Rasyid

Muhammad Makmun Rasyid, lahir di Medan, Sumatera Utara, 24 Oktober 1992. Ia merupakan anak kedua dari lima bersaudara yang hidup dalam kesederhanaan, bapaknya seorang PNS dan ibunya seorang ibu rumah tangga. Saat ini tinggal di Pantai Lemito, Kecamatan Lemito, Kabatupen Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *