Pelatihan Fotografi Bersama LPM Al-Hikam Depok

Telah dilaksanakan Pelatihan Jurnalsitik yang bertemakan “Membentuk Jurnalis Cerdas yang Berkarakter”. Acara ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari minggu (13/11) dan (20/11) oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) IIQ Jakarta yang bekerja sama dengan LPM Al-Hikmah Depok.  Acara ini diadakan dalam rangka memberikan pelatihan dan pembekalan untuk “Perspekta IIQ” yang akan direkrut menjadi kader LPM IIQ selanjutnya.

Pelatihan hari pertama (13/11) bertempat di Aula Rusunawa IIQ. Untuk hari pertama adalah pelatihan jurnalistik dan layout. Pelatihan jurnalistik diisi oleh kak Makmun Rosyid sebagai narasumber. Beliau adalah seorang penulis buku dan alumni dari STKQ Al-Hikmah Depok. Disini para peserta pelatihan diberikan bekal dan motivasi bagaimana menjadi seorang penulis yang kreatif dan berani itu.

Selanjutnya setelah pelatihan jurnalistik selesai, dilanjut dengan pelatihan layout oleh kak Alvin Nur Choironi”. Diajarkan membuat sebuah layout dan desain. Selain dibekali bagaimana menghasilkan sebuah tulisan yang bagus para peserta juga diajarkan bagaimana mendesain dan layout sebuah tulisan itu agar terlihat lebih menarik dan supaya menarik peminat baca.

Pelatihan hari kedua (20/11) yaitu pelatihan fotografi yang bertempat di Sekolah Tinggi Kuliyyatul Qur’an (STKQ) Al-Hikmah Depok. Kak Muhammad Sabqi sebagai pelatih dan pembicara merupakan alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan sekarang bekerja menjadi salah satu fotografer disalah satu berita online. Selain diberikan materi-materi tentang fotografi, Para peserta pelatihan juga  diajak untuk mengelilingi kampus Universitas  Indonesia (UI) Depok. Memotret setiap sudut kampus agar bisa menghasilkan foto yang bagus sesuai dengan materi-materi yang diajarkan oleh pelatih tadi. Setelah menghasilkan fotonya, para peserta diwajibkan untuk memperlihatkan hasil-hasil karyanya itu.

Selanjutnya pelatihan ditutup dengan foto bersama dan pemberian cindera mata kepada pembicara dan kepada LPM Al-Hikam. Sebagai bentuk penghargaan dan rasa terima kasih atas kerjasamanya sehingga berlangsungnya acara pelatihan ini tanpa ada hambatan dan kendala.

Semoga kedepannya pelatihan dan kerjasama ini akan terus berlangsung sehingga dapat menghasilkan para jurnalis yang kreatif, aktif dan berakahlak mulia. (Kabar IIQ Jakarta)
Makmun Rasyid
Makmun Rasyid

Muhammad Makmun Rasyid, lahir di Medan, Sumatera Utara, 24 Oktober 1992. Ia merupakan anak kedua dari lima bersaudara yang hidup dalam kesederhanaan, bapaknya seorang PNS dan ibunya seorang ibu rumah tangga. Saat ini tinggal di Pantai Lemito, Kecamatan Lemito, Kabatupen Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *