Membentuk Jurnalistik Cerdas dan Berkarakter

DEPOK –– Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Al-Hikam mengadakan pelatihan jurnalistik, bekerja sama dengan LPM Institut Ilmu Qur’an (IIQ), Jakarta, bertempat di ruangan Penerbit Al-Hikam Press, Depok (Minggu, 20/11/16). Acara tersebut mengusung tema Membentuk Jurnalistik Cerdas dan Berkarakter.

Acara ini merupakan lanjutan dari pelatihan sebelumnya (13/11/16) yang diadakan di Rusunawa Pesantren Takhassus IIQ Jakarta. Dalam kesempatan ini, panitia penyelenggara mengundang dua pemateri. Sesi pertama, Muhammad Sabqi mencoba menjelaskan seluk beluk dan dunia fotografi, sekaligus praktik lapangan dengan mengambil objek di kampus Universitas Indonesia (UI).

Sesi kedua, materi kejurnalistikan dipandu oleh Muhammad Makmun Rasyid. Seorang penulis produktif, alumni pertama di Sekolah Tinggi Kuliyatul Qur’an Al-Hikam Depok, baik di media cetak maupun media online. Dengan kometmin dan semangat yang tinggi, beliau mengajak para peserta untuk belajar menulis dari menulis, dengan tidak meremehkan semangat membaca, membaca apa saja yang sekiranya bermamfaat. “Karena kedua hal tersebut ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Berani menulis, berani tidak berhenti membaca. Dan konsekuensi membaca adalah menuliskannya,” ungkapnya.

Pada acara itu juga, ketua LPM dari masing-masing kampus menyampaikan apresiasinya dan berharap bisa terus menjalin kerjasama dalam segala hal, utamanya pelatihan jurnalistik. Acara itu pun ditutup dengan pemberian cendramata dari masing-masing kampus dan foto bersama. [Abdul Hamid]
Makmun Rasyid
Makmun Rasyid

Muhammad Makmun Rasyid, lahir di Medan, Sumatera Utara, 24 Oktober 1992. Ia merupakan anak kedua dari lima bersaudara yang hidup dalam kesederhanaan, bapaknya seorang PNS dan ibunya seorang ibu rumah tangga. Saat ini tinggal di Pantai Lemito, Kecamatan Lemito, Kabatupen Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *