Kemukjizatan Menghafal Al-Qur'an

Buku “Kemukjizatan Menghapal Al-Qur’an” yang ditulis oleh al-akh Makmun Rasyid merupakan buku yang menggugah kesadaran kita semua untuk bersama sama mempunyai kepedulian terhadap hapal Al-Qur’an terhadap anak anak kita. Buku ini semacam jawaban terhadap satu pertanyaan besar yang sering kita dengar, tentang manfaat seorang menghapalkan Al-Qur’an. Didalam buku ini penulis dengan singkat menguraikan beberapa hal yang berkaitan dengan menghapal Al-Qur’an, dimulai dari sejarah pemeliharaan Al-Qur’an, hukum menghapal Al-Qur’an, syarat syarat yang yang harus dipenuhi oleh mereka yang menghapal Al-Qur’an, adab dan tatakrama menghapal Al-Qur’an, petunjuk sebelum menghapal Al-Qur’an. Pada bagian ini penulis secara panjang lebar mengutarakan beberapa hal teknis yang perlu diperhatikan oleh para penghapal Al-Qur’an baik berupa anjuran maupun larangan. Pada bagian akhir penulis menguraikan tentang keutamaan menghapal Al-Qur’an. Pada bagian ini penulis banyak menukil hadis hadis nabi.
Buku yang ada dihadapan pembaca adalah merupakan kilas balik pengalaman penulis buku ini dan nasehat yang penting diperhatikan oleh para para penghapal Al-Qur’an. Ketika membaca buku ini kita juga  merasakan degup spiritual yang ada pada penulis buku ini. Perasaan inilah yang menghantarkannya untuk bisa meraih prestasi sebagai penghapal Al-Qur’an.
Saya ikut mengapresiasi hadirnya buku ini. Semoga buku ini bisa ikut meramaikan bursa buku yang mengupas tentang seluk beluk menghapalkan Al-Qur’an ditengah maraknya gerakan menghapal Al-Qur’an di seluruh tanah air.

Ahsin Sakho Muhammad

Pesantren Dar Al-Qur’an Kebon Baru

Arjawinangun Cirebon, 7 April 2015

Makmun Rasyid
Makmun Rasyid

Muhammad Makmun Rasyid, lahir di Medan, Sumatera Utara, 24 Oktober 1992. Ia merupakan anak kedua dari lima bersaudara yang hidup dalam kesederhanaan, bapaknya seorang PNS dan ibunya seorang ibu rumah tangga. Saat ini tinggal di Pantai Lemito, Kecamatan Lemito, Kabatupen Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *